Profil alumni SPENMAL : Teguh Triono - Peneliti LIPI

Posted by Ikatan Alumni SMP Negeri 6 Malang

Teguh Triono adalah peneliti di Pusat Riset Keanekaragaman Hayati Molekuler dan Bioteknologi, Universitas Surya. Menyelesaikan gelar Sarjana Pertanian, dengan kekhususan Hortikultura di Universitas Brawijaya, Malang, Teguh memperoleh gelar Master of Science dalam bidang “Pure and Applied Plant and Fungal Taxonomy” dari University of Reading, Inggris. Teguh menerima gelar Doctor of Philosophy dari School of Botany dan Zoologu, Australian National University, Canberra, Australia di bidang Ekologi, Evolusi dan Sistematika Molekuler. Kegiatan riset yang dilakukannya di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri berkaitan dengan DNA-barcode, filogenetika dan biogeografi tumbuhan.
Di Universitas Surya, Teguh menjabat sebagai Direktur dari Pusat Riset Keanekaragaman Hayati Molekuler dan Bioteknologi dan juga mengajar Bioetika dan Ekologi di Program studi Biologi. Selain itu, ia juga menjadi dosen luar biasa untuk program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Teguh juga terlibat aktif sebagai untuk kelompok kerja teknis pada Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD) di Kementerian Lingkungan Hidup untuk Protokol Nagoya tentang “Access dan Benefit Sharing”, Biofuel dan Global Taxonomy Initiative (GTI) serta menjadi Tenaga Ahli dan Narasumber Ahli bidang mobilisasi sumber daya untuk keanekaragaman hayati dan pengembangan kebijakan untuk keanekaragaman hayati di Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional dan (BAPPENAS).
Saat ini Teguh terlibat dalam pekerjaan menjembatani beberapa program terkait keanekaragaman hayati yang dikonsep oleh CSO (Civil Society Organisasi) dengan CSR perusahaan. Beberapa hasil kerjanya dapat dilihat di jembatantiga.com“.

Related Post



Posting Komentar